Tidak ada kehinaan yang paling hina pada seseorang kecuali kondisi hatinya yang selalu lengket dengan suasana bumi.(Ibn al-Jauziy)

19/02/10

Jelajah Internet, Otak Overload

Komputer ternyata tidak cuma memberi manfaat buat manusia. tetapi sebaliknya, komputer bisa berpengaruh negatif buat otak manusia. dengan dibombardir ratusan ribu kata serta 34 GB informasi setiap harinya, otak manusia bisa ngadat alias hang. Jika diibaratkan, jumlah semua ini hampir sama dengan seperlima kapasitas penyimpanan sebuah notepad komputer.

Ilmuwan terkemuka Inggris, Susan Greenfield melakukan riset bahwa pergi ke bioskop, mendengarkan radio, berbicara di telepon, bermain video game dan menjelajah internet mengakibatkan informasi yang masuk ke otak remaja jadi overload.

Sebagai akibatnya, mereka jadi susah berkonsentrasi. Selain jadi sulit untuk berkonsentrasi, dampak lain yang ditimbulkan adalah mendorong seseorang menjadi cepat puas secara instan. Remaja yang keranjingan bergelut di situs-situs pertemanan juga menyebabkan remaja bersikap egois.

Susan mengatakan penggunaan komputer secara konstan bisa membuat seseorang kesulitan untuk belajar jika ada sesuatu yang salah. Menurut data Daily Mail, Senin 14 Desember, kehadiran informasi-informasi yang membanjiri otak manusia didominasi oleh televisi, yakni sebanyak 44,9%, diikuti oleh komputer (27%)

Informasi dari radio menduduki peringkat 3 dengan angka 10,6%, kemudian media cetak (8,6%). Sedangkan telepon ada di urutan berikutnya (5,2%) dan dibuntuti dengan game komputer (2,4%).

~from Koran Harian Fajar~

0 comments:

Posting Komentar

Poskan Komentar

Read me...

free counters
 
bisnis internet